RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Perbandingan Berbalik Nilai
Penyusun:
Charla Tarrua
A231 ... ...
Dosen
Pengampu:
Drs........
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
2017
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMP
Matapelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: VII/1
Materi Pokok : Perbandingan
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit (1 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Memberi salam pada saat awal dan
akhir pembelajaran sesuai agama yang dianutnya
1.1.2
Menunjukkan
sikap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang memberi kesempatan
mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar perbandingan
berbalik nilai.
|
1.
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1
Memberi salam pada saat awal dan
akhir pembelajaran sesuai agama yang dianutnya
1.1.2
Menunjukkan
sikap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang memberi kesempatan
mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar perbandingan
berbalik nilai.
|
2.
|
2.1 Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika
serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai
pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas
sehari-hari.
|
2.1.1
Menunjukkan sikap teliti dalam pembelajaran matematika
2.2.1
Memiliki rasa ingin tahu dalam pembelajaran matematika
2.3.1 Berani
presentasi di depan kelas.
|
3.
|
3.4 Memahami
konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan
hubungan dua besaran atau lebih
|
3.4.1 Memahami konsep perbandingan berbalik nilai.
3.4.2Menggunakan konsep perbandingan
berbalik nilai untuk menyelesaikan masalah nyata
|
C. Tujuan Pembelajaran
Aspek Afektif
Melalui pembelajaran dengan pendekatan
saintifik, diharapkan siswa dapat :
1.
Meningkat rasa iman dan taqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Memiliki sikap jujur dan disiplin dalam menyelesaikan masalah dan tugas dari guru.
3. Bersemangat
dan serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
4. Suka
bertanya dalam proses pembelajaran.
5. Berani
presentasi di depan kelas saat proses pembelajaran.
Aspek Kognitif
6.
Melalui pembelajaran
dengan pendekatan saintifik, siswa
dapat memahami konsep perbandingan
berbalik nilai.
Aspek Psikomotorik
7.
Melalui pembelajaran dengan pendekatan
saintifik, siswa terampil dalam menggunakan konsep
perbandingan berbalik
nilai untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari.
D. Materi Pembelajaran
Misal terdapat dua besaran A={a1, a2, a3,...,
an} dan B={b1, b2, b3,...,bn}
yang berkorespondensi satu-satu maka A dan B disebut berbalik nilai jika untuk ukuran A semakin
besar tetapi B semakin kecil atau
sebaliknya.
|
A
|
B
|
a1
|
b1
|
|
a2
|
b2
|
|
a3
|
b3
|
|
…
|
…
|
|
an
|
bn
|
|
Menyelesaikan perbandingan berbalik nilai
|
|
Catatan : jika nilai ukuran A semakin besar maka nilai ukuran B semakin
kecil dan jika nilai ukuran A semakin kecil maka nilai ukuran B semakin besar.
Contoh :
Seorang peternak mempunyai persediaan makanan untuk 30 ekor kambing
selama 15 hari. Jika peternak menjual 5 ekor kambing, berapa hari persediaan
makanan itu akan habis?
Berdasarkan contoh di atas, makin sedikit
jumlah kambing, makin lama persediaan makanan akan habis. Perbandingan antara
banyak kambing dengan lama hari persediaan makanan habis adalah salah satu
contoh perbandingan berbalik nilai.
Jadi, pada perbandingan berbalik nilai berlaku hal berikut:
Perbandingan berbalik nilai
adalah sebuah perbandingan yang memiliki sifat besaran apabila salah satu
bertambah maka yang lainnya akan berkurang.
E.
Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : saintifik
2.
Metode : tanya
jawab, diskusi,
presentasi, penugasan.
F. Media,
alat, dan sumber pembelajaran
1.
Media : tanyangan
power point, papan tulis.
2.
Alat dan
bahan : laptop, LCD, spidol.
3.
Sumber belajar : buku paket, LK(lembar kerja)
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Fase-fase
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
||
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
|||
Pendahuluan
|
5 menit
|
|||
|
1.
Guru
membuka pelajaran dengan menyampaikan salam, meminta salah seorang siswa
untuk memimpin doa dan mengabsen siswa.
2.
Guru menyampaikan
materi yang akan dipelajari, tujuan pembelajaran serta pendekatan
pembelajaran yang akan digunakan (saintifik) dan apa yang akan siswa lakukan
selama pembelajaran berlangsung.
3.
Guru memberikan
apersepsi dengan mengingatkan kembali materi tentang perbandingan,rasio,
serta perbandingan senilai.
4.
Guru memberi motivasi kepada siswa tentang pentingnya
mempelajari perbandingan berbalik nilai.
5.
Guru
membagi siswa kedalam 2 kelompok dimana tiap kelompok terdiri dari 4-5
(heterogen) kemudian guru membagikan lembar kegiatan
kepada tiap kelompok.
|
1.
Siswa menjawab
salam pembuka dari guru, berdoa bersama dan merespon saat guru mengabsen.
2.
Siswa mendengarkan apa yang guru sampaikan
guru
3.
Siswa memperhatikan serta menjawab
pertanyaan dari guru.
4.
Siswa
menyimak motivasi dari guru.
5.
Siswa berkumpul bersama kelompok
yang sudah ditetapkan oleh guru
dan siswa menerima lembar kegiatan dengan tenang.
|
|
|
Kegiatan Inti
|
30 menit
|
|||
Fase 1:
Mengamati
|
1.
Guru menunjukkan
beberapa masalah sehari-hari untuk diamati.
|
1. Siswa mengamati dengan
cermat dan antusias.
|
|
|
Fase 2:
Menanya
|
2.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang
belum dimengerti.
3.
Guru menjawab pertanyaan dari siswa dan memberikan bimbingan yang
sifatnya terbatas kepada siswa.
|
2.Siswa bertanya mengenai hal-hal yang belum dimengerti.
3. Siswa menyimak penjelasan dan mengikuti arahan dari guru.
|
||
Fase 3:
Menalar
|
4.
Guru mengarahkan
siswa untuk menemukan konsep perbandingan berbalik nilai, dengan melakukan
kegiatan 1 pada lembar kerja.
5. Guru meminta siswa untuk membuat kesimpulan berdasarkan kegiatan yang dilakukan.
|
4.Siswa melakukan
kegiatan sesuai dengan langkah-langkah yang ada pada lembar kegiatan untuk
menemukan konsep perbandingan berbalik nilai.
5.Siswa bekerja sama dengan teman-teman kelompoknya untuk membuat
kesimpulan tentang jawaban yang mereka dapatkan.
|
Fase 4:
mencoba
|
1.
Guru
meminta siswa untuk menjawab pertanyaan dalam lembar kerja siswa sehubungan
dengan perbandingan berbalik nilai secara berkelompok
2.
Guru berkeliling untuk membimbing setiap kelompok
dan membantu jika ada kelompok yang mengalami kesulitan.
|
6. Menjawab pertanyaan dalam LKS secara berkelompok.
7. Siswa menanyakan kepada guru jika mengalami kesulitan
|
|
Fase 5: mengkomunikasikan
|
8. Guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
kerjanya di depan kelas, dan kelompok yang lain menanggapi
9. Guru memberikan konfirmasi tentang kesimpulan yang diperoleh agar
pemahaman dari setiap kelompok bisa disatukan.
|
8.Kelompok yang sudah ditunjuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan
kelas dengan tertib.
9. Siswa memperhatikan penjelasan guru.
|
|
Penutup
|
5 menit
|
||
|
1.
Guru memberikan soal individu
untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran hari ini.
2.
Setelah siswa selesai
mengerjakan, guru meminta siswa untuk mengumpulkan hasil pekerjaan mereka.
3.
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan kembali tentang perbandingan berbalik
nilai.
4.
Guru menyampaikan apa yang akan
dilakukan pada pertemuan selanjutnya.
5.
Guru memberikan tugas rumah (PR)
kepada siswa untuk dikerjakan dan dikumpulkan pada
pertemuan berikutnya.
6.
Guru mengakhiri pembelajaran
dengan memberikan pesan agar
siswa terus belajar dan memberi salam.
|
1. Siswa menerima dan mengerjakan soal
secara individu.
2.
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
1.
Siswa menyimpulkan
perbandingan berbalik nilai bersama guru.
4.Siswa membuat kesimpulan tentang apa yang dipelajari melalui arahan
dari guru.
5.Menyimak dan
mencatat tugas yang diberikan guru
6.Mendengarkan pesan
dari guru dan menjawab salam.
|
|
H.PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1.
Sikap
spiritual
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi:
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
2.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
Memberi salam pada saat awal dan akhir
presentasi sesuai agama yang dianut
|
1
2
|
Instrumen: lihat Lampiran 4.
2.
Sikap
sosial
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar Observasi
Instrumen: lihat Lampiran
5.
3.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian: Tes
b. Bentuk Instrumen: Uraian
c. Kisi-kisi:
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
|
|
Instrumen: lihat Lampiran
6.
4.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian:Observasi
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi:
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Terampil dalam merepresentasikan konsep phytagoras
|
|
Instrumen: lihat Lampiran
7.
Palu, 19 Maret 2017
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP
…………………………… Charla Tarrua
NIP.
Lampiran 1(menalar)
Materi : Perbandingan berbalik nilai
Hari/tanggal : ...
Alokasi waktu : 10
menit
No kelompok : ...
Nama anggota kelompok :
1) ……………………….
2) ……………………….
3) ……………………….
4) ……………………….
Petunjuk :
- Baca dengan teliti dan selesaikan soal yang ada dengan baik dan benar!
- Berdiskusilah dengan teman kelompokmu
Ø Kegiatan 1
Masalah
1
Ibu
ani memiliki setoples permen yang berisi 60
buah permen yang akan dibagi rata kepada sekelompok anak yang bermain ditaman gembira.
Berapa jumlah permen yang diterima
anak jika jumlah anak seperti pada tabel berikut.
Jika Jumlah Anak
|
Jumlah Permen yang diterima tiap anak
|
5
orang anak
|
...
|
6 orang
anak
|
…
|
10 orang
anak
|
...
|
15 orang
anak
|
…
|
30
orang anak
|
…
|
60
orang anak
|
…
|
Masalah 2
Ibu meda membuat 80 cup cake yang akan
diberikan kepada semua anak dipanti asuhan dengan tidak ada yang tersisa. Isilah
tabel berikut untuk mengetahui jumlah cup cake yang diperoleh anak jika dipanti
asuhan terdapat sejumlah anak seperti tabel berikut!
Jika jumlah anak
|
Jumlah cup cake yang
diperoleh
|
40 orang anak
|
|
20 orang anak
|
|
16 orang anak
|
|
8orang anak
|
|
Dari masalah 1 dan
masalah 2 diatas, apa yang dapat kalian simpulkan mengenai perbandingan
berbalik nilai?
Lampiran
2
Ø Kegiatan 2
Lembar Kerja Siswa
Materi : Perbandingan Berbalik Nilai
Hari/tanggal : ....
Alokasi waktu : ...
No kelompok : ...
Nama Kelompok :
1)
…………………………
2)
…………………………
3)
…………………………
Setelah memahami konsep tentang perbandingan
berbalik nilai, kerjakan soal berikut dengan teman kelompokmu!
1.
Sebuah panti asuhan mempunyai
persediaan beras yang cukup untuk 35 anak selama 24 hari. Berapa hari beras itu
akan habis jika penghuni panti asuhan bertambah 5 anak?
2.
Seorang pemborong akan membangun rumah
dalam waktu 48 hari jika dikerjakan oleh 18 pekerja. Jika ia menghendaki
selesai dalam waktu 32 hari, banyaknya tambahan pekerja yang diperlukan adalah
...?
Jawaban:
Lampiran
3
Soal Evaluasi
Nama :…………………………………
Kelas :……………………………….
Waktu : 3 menit
Secara
mandiri, kerjakanlah soal berikut dengan baik dan benar!
1.
Seorang peternak mempunyai persediaan pakan ternak untuk 72 ekor ayam
selama 10 hari. Peternak itu membeli 18 ekor lagi, maka dalam beberapa hari
persediaan pakan itu akan habis. Tentukan dalam berapa hari persediaan akan
habis?
2.
Sebuah kapal dapat dibuat oleh 45 orang
selama 24 hari. Jika ada pesanan kapal harus selesai dalam waktu 18 hari berapa
orang pekerja yang diperlukan?
Jawaban :
Lampiran 4
Lembar Penilaian Sikap Spiritual
Keterangan:
3
: Selalu
3 : Sering
2 : Kadang-kadang
1 : Tidak pernah
Penskoran :
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
Lampiran 5
Lembar Penilaian Sikap Sosial
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap aktif (keaktifan) dalam pembelajaran
luas dan keliling segitiga
1.
Kurang
baik jika menunjukkan sama sekali
tidak ambil bagian dalam pembelajaran.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten.
3.
Sangat
baik jika menunjukkan sudah ambil
bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap berpikir kritis dan logis dalam
pembelajaran luas dan keliling segitiga
1.
Kurang
baik jika menunjukkan sama sekali
tidak berusaha berpikir kritis dan logis untuk menyelesaikan masalah yang
ditemukan.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha
3.
Sangat
baik jika menunjukkan sudah ambil
bagian dalam menyelesaikan tugas
kelompok secara terus menerus dan
konsisten.
Indikator sikap bertanggung jawab terhadap hasil pekerjaan
1.
Kurang
baik jika menunjukkan sama sekali
tidak bertanggung jawab terhadap hasil pekerjaan
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada sikap
bertanggung jawab terhadap hasil pekerjaan tetapi belum konsisten.
3.
Sangat
baik jika menunjukkan bertanggung
jawab terhadap hasil pekerjaan secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak berusaha
untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
2.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerja sama
dalam kegiatan kelompok
tetapi masih belum konsisten.
3.
Sangat
baik jika menunjukkan adanya usaha bekerja sama dalam
kegiatan kelompok secara
terus menerus dan konsis
Bubuhkan tanda √pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
Lampiran 6
Pedoman Penilaian Pengetahuan.
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0
– 100 , dengan pedoman sebagai berikut
Lampiran 7
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran :
Waktu Pengamatan :
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan menemukan perbandingan
berbalik nilai
1.
Kurang terampil jika
sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang
relevan yang berkaitan dengan perbandingan
berbalik nilai.
2.
Terampil jika
menunjukkan sudah
ada usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan perbandingan berbalik nilai.
3.
Sangat
terampill, jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai.
Bubuhkan tanda √pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T
: Terampil
ST : Sangat terampil
|
Komentar
Posting Komentar